unisan.ac.id
SHARE :

Unisan Kampus 4 Boalemo Gelar Seminar Kewirausahaan

3
04/2019
Kategori : Uncategorized

Author : warid


Unisan Kampus 4 Boalemo Gelar Seminar Kewirausahaan

UNISAN (RAGORO) – Menyikapi perkembangan jaman dan teknologi yang semakin pesat saat ini dimana hal itu tentu erat kaitanya dengan perekonomian, maka untuk menyiapkan Sumberdaya Daya Manusia (SDM) yang handal dan mampu berkompotisi di era Digital saat ini, Universitas Ichsan (UNISAN) Gorontalo Kampus 4 Boalemo mengadakan Seminar Kewirausahaan dengan menghadirkan pemateri pakar ekonomi Dr. Adbul Gaffar La Tjokke M.Si. Rektor Unisan yang juga sebagai Pembina Yayasan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (YPIPT) Ichsan Gorontalo.

Dengan mengangkat tema “Mengintip peluang Usaha di Kabupaten Boalemo” kegiatan seminar kewirausahaan yang dilaksanakan disalah satu ruang pertemuan Unisan kampus 4 Boalemo, Rabu (3/4) itu dihadiri oleh sebanyak 60 mahasiswa dari tiga program studi (Prodi) yaitu Prodi Akuntansi, Prodi Managemen, dan Prodi Ilmu Pemerintahan.

Dalam pemaparan materinya Dr. Adbul Gaffar La Tjokke M.Si. menjelaskan 5 komponen penting yang wajib diketahui untuk menjadi seorang pengusaha yaitu yang pertama Membaca peluang, dimana mahasiswa diajarkan bagaimana menangkap suatu peluang yang nantinya bisa dijadikan sebagai usaha, berikutnya yaitu Bagaimana memulai suatu usaha jika sudah menemukan suatu usaha yang dirasa cocok, ketiga adalah bagaimana mengatasi masalah yang timbul jika suatu usaha sudah mulai dijalankan, keempat yaitu Strategi dimana mahasiswa diajarkan bagaimana menjalankan usaha dengan penuh strategi seperti bersaing, strategi pemasaran, strategi menyiasati harga, strategi promosi dan strategi penyaluran barang dari jenis usaha yang dijalankan.

“Mengenai analisa bisnis, mahasiswa akan kami ajarkan bagaimana cara untuk menghitung keuntungan yang harus didapat dengan dikurangi modal yang dikeluarkan dan berbagai biaya oprasional yang dikeluarkan. Dengan memahami dan menguasai ke lima komponen tersebut maka kami harapkan kedepanya mahasiswa bisa berwirausaha dan menjadi pengusaha yang sukses” jelasnya.

Tujuan dilaksanakanya seminar kewirausahaan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan merobah cara berfikir mahasiswa kearah Technopreneur sehingga kedepannya diharapkan mereka mampu menjadi para pelaku usaha di Daerahnya sendiri. “kami berharap dengan dilaksanakanya kegiatan ini bisa menjadi awal yang baik dalam meningkatkan taraf perekonomian di Boalemo serta kami juga berharap agar mahasiswa dapat menjadi ujung tombak peningkatan taraf ekonomi keluarganya” hal itu di ungkapkan Hamsir Saleh S.Kom.,M.Kom selaku koordinator Unisan kampus 4 Boalemo usai kegiatan.

Berita Lainnya

7
02/2019
7
02/2019
16
11/2018
Ichsan Group Tingkatkan Karir Dosen
Author : Humas Unisan
16
11/2018


EnglishIndonesian